-->

Type something and hit enter

On
Sinkronisasi Nilai Raport tidak bisa
Sinkronisasi Nilai Raport tidak bisa
Batas input nilai raport maupun nilai US dan USBN memang dijadwalkan akan berakhir 31 Mei 2017, tepatnya hari ini. Beberapa operator sekolah mengeluhkan lambatnya proses sinkronisasi untuk entry nilai raport di aplikasi Dapodik versi 2017c.

Tidak bisa disalahkan memang, Aplikasi Dapodik yang digunakan secara resmi ini memang dipakai di setiap sekolah seluruh Indonesia, bisa dibayangkan jika pada saat yang bersamaan operator sekolah berbarengan untuk melakukan proses sinkronisasi.

Sinkronisasi secara masal akan membuat server dapodik pusat jebol alias mengalami traffic yang luar biasa. Dapodik yang digunakan secara nasional ini memang sedikit banyak menimbulkan kecemasan bagi sekolah yang tidak bisa melakukan sinkronisasi data nilai raport, US/USBN.

Sebenarnya proses sinkronisasi yang lemot ini memang sudah diantisipasi oleh pihak Dapodik, Pihak Dapodik sudah mewanti-wanti untuk melakukan sinkronisasi secara bertahap, jangan menunggu proses entri nilai selesai semua, tapi lakukanlah sinkronisasi data dapodik dengan bertahap. Namun demikian, walaupun sudah ada peringatan dari dapodik pusat banyak sekolah yang mencoba sinkronisasi ketika data nilai sekolah sudah terinput semua.

Prefil Raport Susah di Download

Sebenarnya permasalahan operator di tingkat daerah tidak hanya waktu proses sinkronisasi dapodik saja. Beberapa operator sekolah mengeluhkan, ketika sudah menginstal aplikasi dapodik 2017c kolom atau fitur nilai pada dapodik belum muncul.

Fitur nilai tidak muncul di dapodik disebabkan operator sekolah belum memasukkan prefil raport terbaru pada aplikasi dapodik 2017c. Kendala yang dialami para operator sekolah di daerah ini sebagian menuturkan tidak bisa mengunduh prefil raport. Entah apa yang menyebabkan tidak bisanya mengunduh prefil raport untuk dapodik versi 2017c ini. Tampaknya pengembang Aplikasi Dapodik ini perlu memperbaiki server pusat sehingga tidak menyulitkan para operator dalam bekerja.

Tidak Bisa Simpan Entri Nilai di Dapodik 2017c

Operator sekolah memang bukan segalanya, terbukti beberapa operator sekolah kesulitan dalam menyimpan nilai yang sudah di entri pada Aplikasi Dapodik 2017c.

Pada Juknis terbaru sebenarnya hal itu sudah dijelaskan, bahwa fitur simpan nilai hanya bisa dilakukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan atau dengan kata lain fitur simpan nilai dilakukan jika memakai login akun PTK, bukan login sebagai operator sekolah.

Bagaimana jika entri nilai menggunakan login operator ? jika anda melakukan entri nilai menggunakan login Operator maka fitur simpan nilai tidak akan muncul. Solusi nya adalah jika anda login sebagai operator dapodik, anda akan bisa langsung import data nilai pada rombel yang bersangkutan.

Jika sudah di import dari data excel maka setelah proses import nilai pada rombel, akan otomatis tersimpan dengan sendirinya pada aplikasi Dapodik versi 2017c.

Click to comment