-->

Type something and hit enter

On
Setelah Rilis Dapodik 2017b, muncul fitur baru didalam Aplikasi Dapodik versi 2017b, yaitu Entri Nilai Raport dan Entri Nilai US/USBN. Namun dengan adanyan penambahan fitur entri Nilai di dapodik Versi 2017b menimbulkan permasalahan baru yang dihadapi Operator untuk mensetting agar nilai bisa dimasukkan oleh PTK di Dapodik.
Kendala Entri Nilai di Dapodik 2017b
Kendala Entri Nilai di Dapodik 2017b

Entri Nilai Oleh PTK

Beberapa hasil sharing teman-teman Operator, beberapa teman Operator belum tahu kalau Entri Nilai hanya bisa dilakukan Oleh PTK atau Guru Mapel yang bersangkutan. Tugas Operator Dapodik hanyalah membagi dan mengatur Evaluasi Mata Pelajaran.

Untuk bisa input nilai di dapodik, Operator Sekolah terlebih dahulu harus membuatkan Akun PTK untuk masing-masing Guru Mata Pelajaran. Fungsi Akun PTK ini yang akan digunakan oleh Guru Mata Pelajaran yang bersangkutan untuk meng-entry nilai mata pelajarannya kedalam Aplikasi Dapodik.

Jika anda belum membuatkan Akun PTK maka PTK atau Guru Mata Pelajaran tersebut tidak akan bisa melakukan entri nilai pada Dapodik.

Cara Membuat Akun PTK di Dapodik

Untuk membuat Akun PTK pada Dapodik sangatlah mudah, caranya adalah :
  1. Pilih PTK, isi data lengkap terutama alamat email
  2. Klik Penugasan
  3. Buat password dan... jadi
Jika anda sebagai PTK dan juga sebagai operator sekolah, maka gunakan alamat email yang berbeda, karena akun(email) operator sekolah tidak boleh sama dengan akun PTK (sebagai Guru Mata Pelajaran).

Masalah Entri Nilai pada Dapodik

Tidak hanya bermasalah dalam membuat akun PTK pada Dapodik, permasalahan yang muncul saat entri nilai di Dapodik yang PortalPengangar temui di lapangan diantaranya adalah :
  1. PTK tidak ditemukan dalam entri nilai, atau Guru tidak ditemukan pada entri nilai dapodik.
  2. Entri Nilai dapodik Kurikulum 13 tidak ada kolom praktik dan teori.
  3. Siswa tidak ditemukan pada Entri Nilai Dapodik
  4. Tidak ditemukan prefil nilai Dapodik 2017b
  5. Fitur Entri Nilai tidak ditemukan pada Dapodik 2017b.
  6. PTK sudah keluar, PTK sudah mengundurkan diri atau bahkan PTK sudah Mutasi ke sekolah lain. 
Demikian tadi hasil sharing dengan teman-teman operator Dapodik untuk masalah entri Nilai pada aplikasi Dapodik 2017b, SALAM SATU DATA

14 komentar

avatar

Saya operator SMAN 2 Siborongborong, Permasalahan yg saya hadapi, sebagian di akun ptk rombelnya tidak ditemukan, sehingga ptk tidak bisa entri nilai padahal didapodik semua rombel dan pembelajaran serta jjm nya udah lengkap

avatar

Coba diatur dulu di evaluasi pembelajarannya mas, kalau belum diatur evaluasi nya maka tidak akan muncul rombelnya.....

avatar

Kak mohon solusinya...Pada tahun pelajran 15/16 ganjil kelas 8A,8E,8F,8G,8H ada 12 mapel... tp knpa di kelas 8B,8C,8D hy 11 mapel (Mapel IPA tdk bs muncul), mohon solusinya kak?

avatar

Coba di cek lagi di rombel, apakah ada mapel yang tidak ada PTK nya, bisa jadi PTK tersebut tidak tercover pada Mapel

avatar

input nilai siswa tidak bisa padahal yang lainnya bisa bagaimana tu solusinya

avatar

solusi untuk file prefill tidak ditemukan,,,
sudah coba instal ulang app dapodik pakai prefill baru, kendalanya file prefill rapot tidak ditemukan...

avatar

saya sudah atur mbak evaluasi pembelajaran saya di dapodik operator tapi tetap saja pas buka akun guru rombel tidak ditemukan itu bagaimana ea mbak solusinya??? mohon bantuannya

avatar

saya sudah atur mbak evaluasi pembelajaran saya di dapodik operator tapi tetap saja pas buka akun guru rombel tidak ditemukan itu bagaimana ea mbak solusinya??? mohon bantuannya

avatar

Kenapa siswa saya semester ganjil 16/17 berbeda dengan siswa genap 15/16? Padahal di kelas dan rombel yg sama. Jadi bingung imput nilai raportnya

avatar

ya beda mas, siswa genap 15/16 (kelas XI) untuk siswa ganjil 16/17 masuk kelas XII.
Coba cek lagi apakah siswa tersebut sudah dikeluarkan atau belum, kalau belum berarti siswa tersebut belum masuk rombel

avatar

sewaktu penginputan mata evaluasi semester 5, kenapa mata evaluasi tidak ditemukan ya? dan kenapa nilai rapor yang sudah di entri bisa hilang. ? mohon bantuan nya..

avatar

Swaktu saya input nilai di versi dapo 2017 b masi bisa di simpan..
Tp semenjak saya update dapo versi 2017 c kok saya entri nilai gak bisa di simpan. Pas di simpan kluar bacaan obyek pembelajaran tidak ditemukan..
Pdhl versi sblm nya msi bisa. Mohon solusinya.. Krna uda banyak nilai yg saya entri di versi dapo 2017 b

avatar

mbak..mohon bantuannya..saya sudah entri nilai rapot tp ada satu siswa yang tidak masuk ke dalam entri nilai rapot.padahal di rombel nama siswa trsbut ada dan di data siswa di dapodik jg ada..mohon solusinya mbak.trima kasih

avatar

punya saya malah aneh,,,, guru bidang studi dah pada ngisi masing masing nilai di akun PTK tetapi kok dip Aplikasi dapodik sekolah masih kosong?
ada yang bisa bantu...????

Click to comment