-->

Type something and hit enter

On
Pencairan Sertifikasi Tahun 2017 sebentar lagi akan dicairkan, pencairan Sertiikasi Tahun 2017 ini berdasarkan pada data yang ada pada Aplikasi Dapodik untuk semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Perubahan-perubahan yang dilakukan untuk melaksanakan proses Sertifikasi 2017 memang mengalami perubahan setiap tahunnya, perubahan ini diharapkan adanya data yang valid pada PTK yang bersangkutan.
NIP, Nama,NIK pada Info GTK tidak sama dengan data BKN
NIP, Nama,NIK pada Info GTK tidak sama dengan data BKN

Untuk dapat mencairkan Sertifikasi 2017 ini guru atau PTK yang bersangkutan harus rajin untuk mengecek info PTK pada web Info GTK yang sudah ada. Beberapa permasalahan yang terjadi di beberapa wilayah adalah pada info GTK masih ada beberapa PTK yang mengalami kendala, salah satunya adalah ditemukannya Nama yang berbeda dengan BKN, NIP berbeda dengan BKN, bahkan ditemukan NIK yang berbeda dengan BKN pada saat PTK tersebut mengecek di info GTK.

Solusi Permasalahan pada Info GTK

Pada postingan kali ini PortalPengajar akan memberikan beberapa langkah bagaimana mengatasi permasalahan yang ada pada info GTK diatas, diantaranya adalah :

Ditemukan Nama yang berbeda dengan BKN

Beberapa teman operator sekolah mengalami kendala dengan adanya peringatan pada info GTK, salah satunya adalah "Ditemukan Nama yang berbeda dengan BKN". Jika anda menemui kasus yang satu ini, solusinya adalah :
  1. Cek kembali Nama PTK yang ada pada Dapodik, dengan nama PTK yang ada pada Ijazah PTK yang bermasalah.
  2. Ajukan Proses Edit data PTK yang berbeda namanya tadi melalui website verval PTK, ajukan dengan melampirkan scan Ijazah terakhir atau bisa juga dengan melampirkan scan KTP PTK yang bermasalah.
  3. Setelah pengajuan edit data PTK di verval PTK disetujui, sinkron kembali pada aplikasi Dapodik anda.
  4. Tunggu hingga Info GTK mengambil data hasil sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik anda.

Ditemukan NIP yang berbeda dengan BKN

Untuk Kasus NIP yang berbeda dengan BKN, solusinya sebenarnya hampir sama dengan Nama ditemukan berbeda dengan BKN. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah cek kembali apakah data Dapodik pada PTK yang bermasalah itu sudah sama dengan NIP SK CPNS, SK PNS.

Jika terjadi perbedaan pada data Dapodik, maka solusinya adalah sama dengan proses diatas, namun jika data sudah sesuai dengan data Dapodik dan NIP SK CPNS, SK PNS, maka permasalahannya adalah terjadi ketidak samaan dengan data yang ada pada BKN, Solusinya adalah :
  1. Hubungi BKN dan informasikan bahwa NIP PTK tersebut salah pada data BKN pusat.
  2. BKN Pusat terkadang susah untuk dihubungi, jika demikian maka alternatif berikutnya adalah menghubungi Operator di BKD Daerah anda.

Ditemukan NIK berbeda dengan data BKN

Jika PTK bermasalah pada NIK, ada peringatan NIK ditemukan berbeda dengan BKN, solusinya adalah :
  1. Cek kembali data pada Dapodik sudah sesuaikah dengan data PTK tersebut.
  2. Jika ditemukan data yang tidak sama dengan Dapodik, maka solusinya adalah dengan melakukan pengajuan perubahan data melalui verval PTK, scan KTP dan lampirkan.
Demikian tadi beberapa solusi tentang permasalahan yang ada pada info GTK, perlu diketahui proses pencairan sertifikasi berdasarkan dengan data PTK yang ada pada Aplikasi Dapodik. Demikian sharing kali ini semoga bermanfaat, Salam Satu Data

Click to comment