-->

Type something and hit enter

On
Salah satu acuan untuk pencairan sertifikasi guru adalah terbitnya SKTP, untuk mengetahui sudah terbitnya SKTP atau belum bisa dilihat dengan dua cara, cara yang pertama adalah melalui akun SIMPKB masing-masing dan cara yang kedua adalah melalui web info GTK.

Pada Tahun Ajaran 2018/2019 semester 1 Info GTK akan mulai tarik data yang berasal dari Aplikasi Dapodik. Pada info GTK nantinya anda akan melihat Valid atau tidak Valid yang menandakan bahwa Jika Valid maka Jumlah Jam Mengajar anda tidak masalah dengan kata lain anda sudah memenuhi 24 Jam dalam satu minggu.

Namun, jika di info GTK anda masih terdapat keterangan Tidak Valid maka ada beberapa data yang harus anda perbarui pada aplikasi Dapodik terutama pada Jumlah Jam Mengajar.
Mapel Lintas Minat tidak terbaca di info GTK
Mapel Lintas Minat tidak terbaca di info GTK

Lintas Minat belum terbaca

Pada Kurikulum 2013 banyak mata pelajaran lintas minat yang memang harus diajarkan oleh guru mata pelajaran untuk memenuhi jumlah jam mengajar minimal 24 Jam. Beberapa masalah yang sering ditemui adalah adanya mata pelajaran Lintas minat yang tidak terbaca pada info GTK guru yang bersangkutan.

Beberapa kesalahan mengapa lintas Minat tidak terbaca di info GTK adalah pada penambahan Mata Pelajaran Lintas Minat. Untuk Mata Pelajaran Lintas minat di Aplikasi Dapodik harus dimasukkan kedalam kelas Teori.

Kelas Teori ini harus dimasukkan masing-masing satu mata pelajaran lintas minat. Sebagai contoh semisal kelas X Mia 1 akan memiliki Mata Pelajaran Lintas Minat Bahasa dan Sastra Inggris, serta Lintas Minat Ekonomi. Maka pada aplikasi Dapodik harus dibuat Kelas Teori X mia 1 berisikan Mata Pelajaran Lintas Minat Bahasa dan Sastra Inggris, dan Juga dibuatkan 1 kelas Teori X Mia 1 berisikan Mata Pelajaran Lintas Minat Ekonomi.

Pada pembuatan Kelas Teori ini jangan diberi Wali Kelas, untuk kolom Wali Kelas di kosongkan saja. Setelah semua sudah dilakukan maka sinkron kembali aplikasi Dapodik anda.

Click to comment