-->

Type something and hit enter

On
Aplikasi Dapodik sampai saat ini sudah mencapai pada Versi Dapodik 2018a, ada beberapa perubahan dan perbaikan pada Aplikasi Dapodik sebelumnya. Pengisian Data yang sebenarnya dan diharapkan Kevalidan data adalah salah satu tujuan selalu diadakannya perubahan-perubahan pada aplikasi Dapodik di sekolah.

Perbaiki Data Siswa

Beberapa Operator Sekolah mengeluhkan adanyan data Siswa atau Data Peserta Didik yang masih tidak sesuai dengan Ijazah sebelumnya, permasalahan ini hampir disetiap daerah mengalaminya, salah satu contoh ketidak sesuaian dari data peserta didik misalnya : Data Nama Siswa di Ijazah dengan Akte Kelahiran berbeda.

Jika anda menemui masalah yang seperti kami contoh kan diatas sebaiknya anda melakukan perubahan data peserta didik melalui Verval PD. Namun tidak hanya berhenti disitu saja permasalahannya, Para Operator sekolah mengeluhkan lambatnya proses perbaikan data Siswa pada Verval PD.
Database Dapodik Tidak Ditemukan
Database Dapodik Tidak Ditemukan

Helper Dapodik belum support Dapodik 2018a

Lambatnya respon dari Server Verval PD pusat membuat bingung sebagian Operator Sekolah, Respon yang lambat  sedikit banyak mempengaruhi kinerja Operator Sekolah Alhasil ada bebepara Operator Sekolah yang mencoba memperbaiki data siswa tanpa melalui Verval PD (Secara Resmi).

Adalah Aplikasi atau Tools yang bernama Helper Dapodik (HD) menjadi pilihan Alternati bagi operator sekolah untuk merubah Data Peserta Didik secara instan.

Sebagai informasi saja, untuk Versi Helper Dapodik saat ini masih dalam tahap pengembangan, untuk versi terbaru dari Helper Dapodik masih pada Versi 2.9. Helper Dapodik Versi 2.9 ini ternyata setelah kami uji coba belum support dengan Aplikasi Dapodik 2018a.

Jika anda memaksa untuk mengedit data Siswa lewat Helper Dapodik di Aplikasi Dapodik Versi 2018a maka Database anda yang sudah tersimpan pada Aplikasi Dapodik Versi 2018a akan rusak. Cirinya adalah saat anda membuka Aplikasi Dapodik Versi 2018a akan muncul peringatan Aplikasi Dapodik tidak tersambung pada Server 2#.

Jika anda menemukan perintah tidak tersambung pada server 2# solusi yang paling pas adalah intsal ulang kembali Aplikasi Dapodik anda.

Trik Mengubah Data siswa di Dapodik dengan Helper Dapodik Versi 2.9

Sebenarnya untuk melakukan perubahan data siswa dengan menggunakan Helper Dapodik Versi 2.9 sangat mudah, hanya saja beberapa operator sekolah tidak mengetahui trik yang satu ini. Untuk lebih lanjutnya akan kami jelaskan bagaimana cara menggunakan Helper Dapodik Versi 2.9, berikut ini :

  1. Intsal Aplikasi Dapodik Sekolah Versi 2018 (ingat Versi 2018 ya...jangan yang 2018a) Jika anda sudah terlanjur menginstal Dapodik Versi 2018a sebaiknya downgrade terlebih dahulu.
  2. Cari dan instal Helper Dapodik Versi 2.9 (di google banyak)
  3. Buka Aplikasi Helper Dapodik Versi 2.9
  4. Lakukan Perubahan data siswa yang masih terdapat kesalahan, lalu simpan.
  5. Pada Aplikasi Dapodik 2018 lakukan update ke Aplikasi Dapodik 2018a, menggunakan Patch Dapodik Versi 2018a (Patch bisa di download di web resmi Dapodik).
  6. Setelah Dapodik 2018 terupdate menjadi 2018a, lakukan Validasi terlebih dahulu.
  7. Setelah proses validasi selesai dan tidak ada masalah, lakukan sinkronisasi data pada Dapodik Versi 2018a.

 Kesimpulan nya adalah :

  • Aplikasi atau Tools Helper Dapodik Versi 2.9 hanya bisa berjalan pada Aplikasi Dapodik Versi 2018.
  • Menggunakan Tools Helper Dapodik Versi 2.9 pada Aplikasi Dapodik Versi 2018a akan menyebabkan rusaknya Database di Dapodik, Solusinya adalah instal Ulang Dapodik anda.

1 komentar:

avatar

IGT Technology, Tioga, H30T - TheTioga Glass Co
Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron-Iron  gold titanium alloy Rating: titanium bar 4.4 edge titanium · titanium nose jewelry ‎9 reviews titanium hair

Click to comment